Gigi dan mulut merupakan salah satu organ tubuh penting sebagai media masuknya makanan kedalam tubuh. Tanpa gigi yang sehat, kita tidak dapat mengunyah makanan yang menjadi asupan giziĀ  untuk tubuh secara keseluruhan. Gangguan pada gigi dan mulut dapat memicu adanya penyakit lain. Misalnya saja stroke yang disebabkan karena penyumbatan pembuluh darah. Tumpukan plak pada gigi dan gusi menyebabkan penebalan pada plak sehingga menutupi dinding pembuluh darah. Sehingga jalannnya darah yang mengangkut oksigen ke otak menjadi lebih lambat atau malahan terhenti sama sekali.

Menyikat gigi dan mulut dengan sikat gigi dan pasta gigi yang tepat minimal dua kali sehari, yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Tujuannnya adalah untuk menghilangkan partikel-partikel makanan, menjaga gusi supaya bersih, membantu untuk menyingkirkan plak yang menyebabkan pembusukan dan membuat napas menjadi segar.

Cara menyikat gigi yang baik dan benar

  1. bagian depan (atas dan bawah) sikat dengan gerakan vertikal
  2. bagian kanan dan kiri (atas dan bawah) sikat dengan gerakan memutar
  3. bagian dalam gigi (atas dan bawah) sikatlah dengan baik secara merata
  4. jangan lupa menyikat lidah, sebab bakteri juga banyak bersarang pada bagian lidah.

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut dengan tema “Mulailah Sedini Mungkin, Gigi yang Sehat Awal Tubuh ang Kuat” ini diadakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa PENDIDIKAN TINGGI KESEHATAN HAFSHAWATY ZAINUL HASAN GENGGONG.