Ujian: Mahasiswa AKPER Hafshawaty melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) dengan metode CBT (Computer Based Test)

GENGGONG- Menjadi satu-satunya akademi keperawatan di Kabupaten Probolinggo membuat seluruh civitas akademika Akademi Keperawatan Hafshawaty Zainul Hasan Genggong terus memberikan pelayanan yang prima dan paripurna kepada mahasiswanya agar proses pembelajaran lebih baik dari tahun ke tahun, sehingga luaran atau lulusannya mampu bersaing di era global. Pelayanan tersebut terwujud salah satunya adalah dengan diterapkannya Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) menggunakan metode CBT atau Computer Based Test.

Computer Based Test (CBT) sebenarnya telah banyak digunakan oleh beberapa lembaga dan isntansi pemerintah maupun swasta dalam proses penerimaan SDM (sumber daya manusia) terutama saat proses rekrutment pegawai atau karyawan. CBT sebenarnya memiliki banyak keuntungan jika dibandingkan dengan PBT (paper based test) karena selain lebih efisien, murah dan mudah, proses penilaiannya terbilang sangat cepat dan otomatis. Selain itu, CBT mampu memberikan gambaran tentang hasil kognitif mahasiswa lebih akurat, karena “celah” mahasiswa untuk berbuat curang, seperti mencontek jadi lebih menimal, hal tersebut karena tia komputer akan mengacak soal pada masing-masing akun mahasiswa yang mengikuti ujian.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tim IT Akper hafshawaty (pamudi,wahyu,tio,dan subhan) memberikan ide pelaksanaan CBT pada UTS dan UAS  kepada para dosen. Proses pembuatan soal menjadi lebih mudah dan teintegrasi  pada sistem serta mampu menyimpannya pada akun setiap dosen, sehingga apabila dibutuhkan tiba-tiba maka dosen akan membuka akunnya untuk “mengambil’ file yang dibutuhkannya.

Menurut keterangan dari Yusa, yang saat ini duduk di tingkat II dan telah merasakan pelaksanaan UTS dan UAS dengan metode CBT menyatakan bahwa ujian dengan CBT memang membutuhkan adaptasi, namun proses pelaksanaan ujian menjadi lebih praktis. ” Awalnya memang agak grogi pada saat awal melakukan ujian dengan CBT, namun saya pikir proses ini lebih praktis dan mampu mewujudkan slogan yang hampir di media sosial di elu-elukan, yaitu “kekinian” dan “kids jaman now”…heehee” Ujarnya santai

 

Penulis  : Ainul Yaqin Salam

Editor   : Nur Hamim